Tuesday, May 5, 2009

unforgettable door prize

Thx to God! Karena aku berhasil dapetin door prize "jalan-jalan ke Danau Toba".

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik yg berukuran 100km x 30km yg terletak di Parapat Sumatera Utara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.


Perjalanan ke Danau Toba memakan waktu yg cukup panjang. Dari Juanda Surabaya, kutempuh dua jam perjalanan ke Hang Nadim Batam, lalu satu jam berikut aku mengudara menuju Polonia Medan. Begitu tiba di Medan, aku langsung naik bus Sejahtera selama empat jam guna menggapai Parapat.


Tiba di Parapat -hari sudah gelap. Karena Parapat berada di atas gunung, udaranya sejuk banget. Kunikmati dinginnya udara sambil makan roti bakar Bandung dan mie goreng ala Batak.

Besoknya, baru deh aku ke Pulau Samosir dgn menggunakan perahu kayu bernama Solunta. Setengah jam aku terombang-ambing di atas Danau Toba. Waoww viewnya luar biasa.. Dan saking luasnya, nih Danau tampak seperti laut.

Btw Pulau Samosir memiliki dua kota terkenal, yakni kota TukTuk dan Tomok. Kota TukTuk dipenuhi hotel dan cottege, sedangkan Tomok dibanjiri toko-toko suvenir dan beberapa situs jadul. So, aku milih berkunjung ke Tomok.

Tiba di Tomok, aku langsung disambut guide -bernama Bang Sidabutar. Ia mengajakku berkeliling ke makam raja, museum Batak dan menyaksikan pertunjukan Sigale-gale (the puppet show).

Benar-benar perjalanan yg luar biasa deh! Kalau ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi. Kalau ada umurku panjang, boleh kita mandi bareng dan ke Danau Toba lagi.. Hehehe

No comments:

Post a Comment